Jumat, 03 Juli 2015

Bayi Ini Mengalami Kerusakan Otak Setelah Digendong Ayahnya

Memiliki seorang momongan adalah suatu kebahagiaan besar bagi pasangan yang baru menukah. menambah keceriaan dan memupuk hubungan harmonis dalam rumah tangga. meskipun sulit untuk merawat si kecil, membuat kesenangan tersendiri.

terkadang pasangan baru atau pun yang sudah lama menikah yang sudah menjadi orang tua merasa kewalahan, bahkan terlalu berlebihan dalam memperlakukan bayinya terutama bayi yang masih berumur dibawah 1 tahun. terlalu imut dan gemesin.

Nah, maka dari itu ada pelajaran yang harus diperhatikan ketika kita baru menjadi orang tua, salah satunya ketika kita menggendong si kecil. pada umur dibawah 1 tahun kepala bayi sangat rentan dan belum cukup kuat untuk menahan tekanan. nah ini ada kejadian dialami seorang bayi, di mana setengah otaknya terpaksa diangkat setelah diguncang-guncangkan saat ia berumur delapan bulan.

Cheyenne Rae yang berasal dari Spartanburg County, South Carolina, mengalami kerusakan otaksetelah ayahnya James Davis Jr, menggendong dan mengguncang bayi ketika dia tidak berhenti menangis pada tahun 2012 lalu.

Ayah bayi ini berpisah dengan istrinya kemudian merawat gadis kecilnya. Namun akibat kejadian tersebut, ia kemudian dihukum 10 tahun penjara setelah mengaku bersalah.

Cheyenne sendiri mengalami keretakan pada tengkoraknya dan menderita pendarahan pada otak, namun ajaibnya ia berhasil melewati masa krisis. Dan kini sang bayi sudah tumbuh dan saat ini berumur 4 tahun.

Meskipun demikian, perawatan medis terus dilakukan dan ia kini menjalani terapi bicara, karena ia sangat lambat untuk melakukannya akibat banyak sekali sel-sel syaraf di otaknya yang hilang.

Ini adalah pelajaran bagi kita semua sebagai orangtua, untuk tidak mengguncangkan atau menggoyang-goyangkan bayi dengan keras. Apalagi kita tahu, jika tulang-tulang mereka masih sangat rawan.

Ini tips aman dan nyaman ketika kita menggendong bayi

Mendekatlah Pada si Bayi

Untuk mengangkat bayi, pertama-tama mendekatlah pada si bayi, lalu selipkan satu tangan kita di bagian leher dan kepala untuk menyangganya. Lalu letakan tangan yang satu untuk menopang punggung dan pantatnya.

Letakan Bayi di Lipatan Siku

Saat menggendong, letakan/rebahkan kepala bayi dilipatan siku kita lalu sangga pantatnya dengan telapak tangan. Sekarang bayi bisa kita angkat dengan aman. Ingat lakukan selalu dengan gerakan perlahan. Jangan lupa untuk memegangnya erat-erat, lalu perlahan dekatkan bayi ke arah dada kita. Saat mengangkat bayi dari tempat tidurnya, posisi kepala sejajar dengan bagian tubuh lainnya sedangkan jika sudah dalam gendongan maka posisi kepala bayi harus selalu lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya.

Dekat Bayi Pada Dada Kita

Dengan mendekatkan bayi pada dada kita, maka bayi akan merasa senang karena bisa mendengarkan suar detak jantung kita.

Meletakan Bayi

Untuk meletakan bayi di ranjangnya, turunkan tubuhnya dulu hingga menyentuh kasur. Selama itu sangga terus kepalanya, baru setelah tubuh bayi benar-benar aman di atas kasur, tarik tangan kita dari kepalanya dengan perlahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar